Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Negeri
1 Surakarta
Tema/Semester
: IPS/Ekonomi
Kelas/Semester
: X/I
Waktu
: 1 x pertemuan (20 menit)
KOMPETENSI INTI :
- Mengamati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Mengembangkan perilaku (disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli, santun, bekerjasama, responsif, dan cinta damai) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif bersama lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
- KOMPETENSI DASAR :
1.1.
Mensyukuri sumber daya karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
2.1.
Bersikap peduli, disiplin, tanggung jawab dalam mengatasi kelangkaan sumber
daya.
2.2.
Bersikap peduli, kerjasama, gotong royong dan mandiri dalam mengatasi
permasalahan ekonomi di lingkungan sekitar.
INDIKATOR :
- Menjelaskan pengertian kebutuhan manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi.
- Menganalisis penggolongan kebutuhan manusi dan alat pemuas kebutuhan manusia.
- Mengidentifikasi macam-macam guna (utility) barang.
3.3. Menganalisis masalah pokok
ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kebutuhan manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
- Melalui analisis, peserta didik dapat menggolongkan kebutuhan manusia dan alat pemuas kebutuhan.
- Dengan mengidentifikasi, peserta didik dapaat menyebutkan dan memberi contoh mengenai macam guna (utility) barang.
MATERI PEMBELAJARAN
- Kebutuhan manusia dam faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
- Penggolongan kebutuhan manusia dan alat pemuas kebutuhan.
- Macam guna (utility) barang
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media
: Power
Point,
Alat dan bahan : Laptop,
LCD, Kertas
Sumber belajar : Buku Ekonomi
Untuk SMA/MA Kelas X
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Scientific Learning
Strategi
: Snowball Throwing
Metode
: Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
- LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
FASE
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
|
PENDAHULUAN
|
|
2 menit
|
|
KEGIATAN INTI
2.
Menanya
3.
Mencoba
atau Eksperimen
4.
Menalar
5.
Membentuk
jaringan/Mengkomunikasikan
|
Peserta didik mengamati secara
langsung obyek atau bahan bacaan yang diberikan guru mengenai Masalah Ekonomi
dan Sistem Ekonomi
Peserta didik mendengarkan guru
yang akan menyampaikan materi yang akan disajikan
Peserta didik ditugaskan untuk
aktif bertanya.
Peserta didik diminta untuk
berkelompok yang dibagi ke dalam tiga kelompok.
Guru membagi setiap kelompok untuk
menjelaskan materi yang diberikan kepada para anggotanya
Peserta didik diberikan satu
lembar kertas untuk menuliskan satu pertanyaan kemudian saling ditukarkan
dengan teman yang lainnya.
Siswa diminta mengerjakan
soal-soal dari kertas yang mereka terima.
Peserta didik diminta untuk
menyampaikan jawaban atas pertanyaan tersebut.
Peserta didik yang tidak
mendapatkan giliran untuk membacakan jawabannya, maka bisa memberikan
sanggahan atau masukan.
|
13 menit
|
|
PENUTUP
|
o Guru
menyimpulkan materi tentang Masalah Ekonomi
o Guru menutup pertemuan dengan ucapan
Hamdallah dan memberi salam.
|
5 menit
|
PENILAIAN (Terlampir)
Mengetahui,
Surakarta, 2 Mei 2017
Kepala SMA Negeri 1 Surakarta
Guru Mapel Ekonomi,
Giring Ganesha, S.Pd.,
M.Si
Bobi
Amalanda, S.Pd.
NIP. 19830714 198203
2
004 NIP.
19921122 201501 2 001
LAMPIRAN 1:
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Materi : Masalah Ekonomi dan Sistem
Ekonomi
Kelas : X
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|||||
|
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Gagasan
|
Inisiatif
|
Kedisiplinan
|
|||||
KRITERIA :
Tidak aktif :
1
hasil penilaian = jumlah perolehan skor x 10
Kurang aktif
:
2
skor maks
Cukup aktif : 3
Aktif
: 4
Sangat aktif
: 5
LAMPIRAN 2 :
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Materi : Masalah Ekonomi
Kelas : X
|
Nama
|
Kelayakan isi
|
Kelayakan penyajian
|
Bahasa
|
Kreativitas
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|||
|
SKOR
|
NILAI
|
|||||||||
|
4 : sangat baik
|
90 – 100
|
|||||||||
|
3 : baik
|
80 – 89
|
|||||||||
|
2 : cukup
|
70 – 79
|
|||||||||
|
1 : kurang baik
|
< 69
|
|||||||||
LAMPIRAN 3 :
BAB I
MASALAAH EKONOMI
- Kebutuhan Manusia
Kita sebagai manusia tidak lepas
dari kebutuhan hidup, kebutuhan hidup dipenuhi guna menjaga kelangsungan hidup.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus bekerja guna memperoleh
penghasilan. Hal ini semua dilakukan dalam rangka memenuhi semua kebutuhan.
Jadi kebutuhan manusia dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang kita
perlukan untuk menjaga kelangsungan hidup dan mencapai kesejahteraan.
Jika seseorang dapat mencukupi semua
kebutuhannya maka orang tersebut telah mencapai kemakmuran. Kemakmuran
merupakan keseimbangan antara jumlah kebutuhan dengan alat pemuas kebutuhan.
Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah hasrat atau
keinginan manusia untuk memiliki dan menikmati kegunaan barang atau jasa yang
dapat memberikan kepuasan bagi jasmani dan rohani demi kelangsungan hidup.
Di bawah ini terdapat beberapa
faktor yang dapat mempengaruhi jumlah kebutuhan dan manusia, yaitu faktor
ekstern dan intern.
- Faktor Intern
Faktor intern yaitu faktor-faktor
yang timbul dari manusia itu sendiri, antara lain :
- Profesi atau pekerjaan
- Jenis kelamin
- Usia
- Tingkat pendidikan
- Perasaan tidak puas
- Faktor Ekstern
Faktor ekstern yaitu yang timbul
dari luar diri manusia, misalnya :
- Keadaan alam
- Agama/kepercayaan
- Adat istiadat
- Lingkungan tempat tinggal
- Perkembangan zaman dan teknologi
2.
Penggolongan
Kebutuhan Manusia
Kebutuhan manusia digolongkan menjadi
beberapa macam, yaitu :
- Menurut tingkat kepentingan atau intensitasnya
Terdiri dari :
- Kebutuhan primer/pokok
Kebutuhan primer adalah kebutuhan
manusia yang mutlak harus dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup. Misalnya
kebutuhan terhadap minuman dan perumahan (rumah).
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan
yang paling mendasar dari setiap diri manusia, maka sering disebut juga
kebutuhan alami.
2.
Kebutuhan sekunder/pelengkap
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan
yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Karena kebutuhan ini bersifat
melengkapi kebutuhan manusia. Misalnya kebutuhan akan alat-alat rumahtangga,
alat-alat sekolah, kendaraan, dan lain sebagainya.
3.
Kebutuhan tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan
tambahan yang berupa barang-barang mewah. Misalnya barang-barang perhiasan
(emas, berlian), mobil mewah, villa, dan sebagainya.
- Menurut waktunya
Menurut waktunya kebutuhan dapat
dibedakan menjadi :
- Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi saat itu juga. Misalnya seorang yang baru lapar. Kebutuhan yang harus dipenuhi adalah makanan dan minuman.
- Kebutuhan kelak (yang akan datang ) yaitu kebutuhan yang dipenuhi untuk keperluan masa akan datang. Misalnya kita mulai sekarang menabung, ini digunakan untu7k memenuhi kebutuhan masa yang akan datang.
3.
Alat
Pemuas Kebutuhan
Jika kalian banyak memiliki
kebutuhan maka harus ada alat pemuas kebutuhan. Berbagai alat pemuas kebutuhan
ini dapat dibedakan dengan dua macam, yaitu barang dan jasa.
Barang adalah segala sesuatu yang
tampak dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya : makanan, buku,
pakaian, dan lain-lain.
Jasa adalah sesuatu yang tidak
tampak tetapi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya : ilmu pengetahuan,
ibadah, hiburan/rekreasi dan lain-lain.
Jenis barang dapat dibedakan sebagai
berikut :
Menurut
kelangkaannya
1.
Barang ekonomis
Barang ekonomis yaitu barang yang
jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu mengeluarkan pengorbanan.
Contohnya : makanan, pakaian, alat-alat sekolah, dan lain-lain.
2.
Barang bebas
Barang bebas artinya barang yang
tersedia cukup banyak sehingga manusia untuk memperolehnya tidak perlu
mengeluarkan pengorbanan. Misalnya : sinar matahari, udara.
Menurut
cara penggunaannya
3.
Barang subtitusi/pengganti
Barang substitusi yaitu barang yang
dapat digunkan untuk menggantikan barang lain dengan tujuan yang sama. Misalnya
: minyak tanah diganti kayu bakar untuk memasak, gula jawa diganti gula pasir.
4.
Barang komplementer
Barang komplementer yaitu barang
yang penggunaannya bersama-sama dengan barang lain. Misalnya : kapur dengan
papan tulis, buku tulis dengan pulpen, sepeda motor dengan bensin.
Menurut
tujuan pemakainnya
5.
Barang konsumsi
Barang konsumsi artinya barang yang
dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh : nasi, makanan,
pakaiann, sepatu, dan lain-lain.
6.
Barang modal
Barang modal yaitu barang yang
digunakan untuk menghasilkan barang lain, contoh : kayu/papan digunakan untuk
membuat meja, kain untuk membuat baju, dan lain-lain.
4.
Kegunaan
(Utility) Benda
Macam-macam guna barang sebagai
berikut :
- Guna waktu (time utility)
Barang digunakan apabila digunakan
pada waktu yang tepat. Contoh : payung digunakan pada waktu hujan, obat
digunakan pada waktu sakit dan lain-lain.
- Guna tempat (place utility)
Barang berguna bila ditempatkan pada
tempat yang tepat. Misalnya : batu didaerah pegunungan atau hulu sungai, akan
bermanfaat apabila dipindahkan tempat ke kota untuk bahan bangunan atau untuk
perbaikan jalan.
- Guna bentuk (form utility)
Barang berguna apabila dirubah
bentuknya sesuai dengan kebutuhan manusia, misalnya : kayu/papan diubah menjadi
mejaa, kursi, dan sebagainya.
- Guna milik (ownership utility)
Barang berguna apabila barang
tersebut sudah menjadi miliknya. Sepeda ditoko akan berguna apabila sudah
dibeli dan dimiliki oleh seseorang.
- Guna unsur (elemen utility)
Barang akan lebih berguna
didalamnya, misalnya : obat.
LAMPIRAN 4 :
SOAL :
- Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang ! (Skor 2)
- Sebutkan jenis barang alat pemuas kebutuhan ! (Skor 3)
- Sebutkan macam –macam guna barang dan berikan contohnya ! (Skor 5)
JAWABAN :
1.
Faktor-faktor yang mempengaruhi :
Faktor intern :
a)
profesi atau pekerjaan
b)
jenis kelamin
c)
usia
d)
tingkat pendidikan
e)
perasaan tidak puas
Faktor ekster :
a)
keadaan alam
b)
agama/kepercayaan
c)
adat istiadat
d)
lingkungan tempat tinggal
e)
perkembangan zaman dan teknologi
2. Jenis-jenis barang alat pemuas
kebutuhan :
Menurut
kelangkaannya
1.
Barang ekonomis
Barang ekonomis yaitu barang yang
jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu mengeluarkan pengorbanan.
Contohnya : makanan, pakaian, alat-alat sekolah, dan lain-lain.
2.
Barang bebas
Barang bebas artinya barang yang
tersedia cukup banyak sehingga manusia untuk memperolehnya tidak perlu
mengeluarkan pengorbanan. Misalnya : sinar matahari, udara.
Menurut
cara penggunaannya
3.
Barang subtitusi/pengganti
Barang substitusi yaitu barang yang
dapat digunkan untuk menggantikan barang lain dengan tujuan yang sama. Misalnya
: minyak tanah diganti kayu bakar untuk memasak, gula jawa diganti gula pasir.
4.
Barang komplementer
Barang komplementer yaitu barang
yang penggunaannya bersama-sama dengan barang lain. Misalnya : kapur dengan
papan tulis, buku tulis dengan pulpen, sepeda motor dengan bensin.
Menurut
tujuan pemakainnya
5.
Barang konsumsi
Barang konsumsi artinya barang yang
dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh : nasi, makanan,
pakaiann, sepatu, dan lain-lain.
6.
Barang modal
Barang modal yaitu barang yang
digunakan untuk menghasilkan barang lain, contoh : kayu/papan digunakan untuk
membuat meja, kain untuk membuat baju, dan lain-lain.
3.
Macam-macam guna barang :
1.
guna waktu (time utility) : barang
berguna apabila digunakan pada waktu yang tepat. Misalnya : payung padawaktu
hujan, obat digunakan pada waktu sakit.
2.
guna tempat (place utility) : barang
berguna apabila ditempatkan pada tempat yang tepat. Misalnya : batu di
pegunungan, akan berguna jika dipindahkan ke kota untuk bahan dasar bangunan.
3.
guna bentuk (form utility) : barang
berguna apabila dirubah bentuknya sesuai dengan kebutuhan manusia. Misalnya :
kayu atau papan diubah menjadi meja, kursi, dll.
4.
guna milik (ownership utility) :
barang berguna apabila barang tersebut sudah menjadi miliknya. Misalnya :
sepeda di toko apabila sudah dibeli dan menjadi milik seseorang.
5.
guna unsur (elemen utility) : barang
akan lebih berguna didalamnya. Misalnya : obat.
CARA MENILAI :
NILAI = Jumlah Nilai Benar X 10
Golden Nugget Casino in Council Bluffs - MapyRO
BalasHapusCasino at Golden Nugget Casino. MapyRO is a Native American Casino 안양 출장샵 in 안산 출장마사지 Council Bluffs, Missouri. 오산 출장샵 Find 충주 출장안마 reviews, hours, directions, phone numbers and 시흥 출장샵