Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                  : SMA Negeri 1 Surakarta
Tema/Semester                     : IPS/Ekonomi
Kelas/Semester                      : X/I
Waktu                                     : 1 x pertemuan (20 menit)
KOMPETENSI INTI :
  1. Mengamati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Mengembangkan perilaku (disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli, santun, bekerjasama, responsif, dan cinta damai) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif bersama lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. 
  1. KOMPETENSI DASAR :
1.1.              Mensyukuri sumber daya karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
2.1.              Bersikap peduli, disiplin, tanggung jawab dalam mengatasi kelangkaan sumber daya.
2.2.              Bersikap peduli, kerjasama, gotong royong dan mandiri dalam mengatasi permasalahan ekonomi di lingkungan sekitar. 
INDIKATOR :
  1. Menjelaskan pengertian kebutuhan manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi.
  2. Menganalisis penggolongan kebutuhan manusi dan alat pemuas kebutuhan manusia.
  3. Mengidentifikasi macam-macam guna (utility) barang.
3.3. Menganalisis masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kebutuhan manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  2. Melalui analisis, peserta didik dapat menggolongkan kebutuhan manusia dan alat pemuas kebutuhan.
  3. Dengan mengidentifikasi, peserta didik dapaat menyebutkan dan memberi contoh mengenai macam guna (utility) barang.
MATERI PEMBELAJARAN
  1. Kebutuhan manusia dam faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
  2. Penggolongan kebutuhan manusia dan alat pemuas kebutuhan.
  3. Macam guna (utility) barang
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media                   : Power Point,
Alat dan bahan   : Laptop, LCD, Kertas
Sumber belajar   : Buku Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan         : Scientific Learning
Strategi                : Snowball Throwing
Metode                 : Diskusi, Tanya jawab, Penugasan








  1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
PENDAHULUAN
  1. Orientasi
  • Guru memberi salam
  • Berdoa
  1. Memotivasi
  • Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar)
  • Menanyakan kehadiran siswa
  1. Apersepsi
  1. Guru memberikan persepsi awal mengenai masalah ekonomi yang terjadi di masyarakat dengan mata pelajaran waktu di SMP.
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2 menit
KEGIATAN INTI
  1. Mengamati
  



2.      Menanya





3.      Mencoba atau Eksperimen
  



4.      Menalar




5.      Membentuk jaringan/Mengkomunikasikan
Peserta didik mengamati secara langsung obyek atau bahan bacaan yang diberikan guru mengenai Masalah Ekonomi dan Sistem Ekonomi



Peserta didik mendengarkan guru yang akan menyampaikan materi yang akan disajikan
Peserta didik ditugaskan untuk aktif bertanya.



Peserta didik diminta untuk berkelompok yang dibagi ke dalam tiga kelompok.
Guru membagi setiap kelompok untuk menjelaskan materi yang diberikan kepada para anggotanya

Peserta didik diberikan satu lembar kertas untuk menuliskan satu pertanyaan kemudian saling ditukarkan dengan teman yang lainnya.
Siswa diminta mengerjakan soal-soal dari kertas yang mereka terima.

Peserta didik diminta untuk menyampaikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Peserta didik yang tidak mendapatkan giliran untuk membacakan jawabannya, maka bisa memberikan sanggahan atau masukan.
13 menit
PENUTUP
  1. Kesimpulan
o    Guru menyimpulkan materi tentang Masalah Ekonomi
o     Guru menutup pertemuan dengan ucapan Hamdallah dan memberi salam.
5 menit
 PENILAIAN (Terlampir)

Mengetahui,                                                                         Surakarta, 2 Mei 2017
Kepala SMA Negeri 1 Surakarta                                       Guru Mapel Ekonomi,



Giring Ganesha, S.Pd., M.Si                                               Bobi Amalanda, S.Pd.

NIP. 19830714 198203 2 004                                               NIP. 19921122 201501 2 001




LAMPIRAN 1:
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Materi : Masalah Ekonomi dan Sistem Ekonomi
Kelas : X

Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Keterangan
Kerjasama
Keaktifan
Gagasan
Inisiatif
Kedisiplinan























































































































































KRITERIA :
Tidak aktif   : 1               hasil penilaian = jumlah perolehan skor x 10
Kurang aktif          : 2                                            skor maks
Cukup aktif : 3
Aktif            : 4
Sangat aktif           : 5
LAMPIRAN 2 :
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Materi : Masalah Ekonomi
Kelas : X

Nama
Kelayakan isi
Kelayakan penyajian
Bahasa
Kreativitas
Skor
Nilai
Keterangan







































































































































SKOR
NILAI

4 : sangat baik
90 – 100

3 : baik
80 – 89

2 : cukup
70 – 79

1 : kurang baik
< 69












LAMPIRAN 3 :
BAB I
MASALAAH EKONOMI
  1. Kebutuhan Manusia
Kita sebagai manusia tidak lepas dari kebutuhan hidup, kebutuhan hidup dipenuhi guna menjaga kelangsungan hidup. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus bekerja guna memperoleh penghasilan. Hal ini semua dilakukan dalam rangka memenuhi semua kebutuhan. Jadi kebutuhan manusia dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang kita perlukan untuk menjaga kelangsungan hidup dan mencapai kesejahteraan.
Jika seseorang dapat mencukupi semua kebutuhannya maka orang tersebut telah mencapai kemakmuran. Kemakmuran merupakan keseimbangan antara jumlah kebutuhan dengan alat pemuas kebutuhan.
Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah hasrat atau keinginan manusia untuk memiliki dan menikmati kegunaan barang atau jasa yang dapat memberikan kepuasan bagi jasmani dan rohani demi kelangsungan hidup.
Di bawah ini terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah kebutuhan dan manusia, yaitu faktor ekstern dan intern.
  1. Faktor Intern
Faktor intern yaitu faktor-faktor yang timbul dari manusia itu sendiri, antara lain :
  1. Profesi atau pekerjaan
  2. Jenis kelamin
  3. Usia
  4. Tingkat pendidikan
  5. Perasaan tidak puas
  6. Faktor Ekstern


Faktor ekstern yaitu yang timbul dari luar diri manusia, misalnya :
  1. Keadaan alam
  2. Agama/kepercayaan
  3. Adat istiadat
  4. Lingkungan tempat tinggal
  5. Perkembangan zaman dan teknologi
2.      Penggolongan Kebutuhan Manusia
Kebutuhan manusia digolongkan menjadi beberapa macam, yaitu :
  1. Menurut tingkat kepentingan atau intensitasnya
Terdiri dari :
  1. Kebutuhan primer/pokok
Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang mutlak harus dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup. Misalnya kebutuhan terhadap minuman dan perumahan (rumah).
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang paling mendasar dari setiap diri manusia, maka sering disebut juga kebutuhan alami.
2.      Kebutuhan sekunder/pelengkap
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Karena kebutuhan ini bersifat melengkapi kebutuhan manusia. Misalnya kebutuhan akan alat-alat rumahtangga, alat-alat sekolah, kendaraan, dan lain sebagainya.
3.      Kebutuhan tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan tambahan yang berupa barang-barang mewah. Misalnya barang-barang perhiasan (emas, berlian), mobil mewah, villa, dan sebagainya.
  1. Menurut waktunya
Menurut waktunya kebutuhan dapat dibedakan menjadi :
  1. Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi saat itu juga. Misalnya seorang yang baru lapar. Kebutuhan yang harus dipenuhi adalah makanan dan minuman.
  2. Kebutuhan kelak (yang akan datang ) yaitu kebutuhan yang dipenuhi untuk keperluan masa akan datang. Misalnya kita mulai sekarang menabung, ini digunakan untu7k memenuhi kebutuhan masa yang akan datang.

3.      Alat Pemuas Kebutuhan
Jika kalian banyak memiliki kebutuhan maka harus ada alat pemuas kebutuhan. Berbagai alat pemuas kebutuhan ini dapat dibedakan dengan dua macam, yaitu barang dan jasa.
Barang adalah segala sesuatu yang tampak dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya : makanan, buku, pakaian, dan lain-lain.
Jasa adalah sesuatu yang tidak tampak tetapi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya : ilmu pengetahuan, ibadah, hiburan/rekreasi dan lain-lain.
Jenis barang dapat dibedakan sebagai berikut :
Menurut kelangkaannya

1.      Barang ekonomis
Barang ekonomis yaitu barang yang jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu mengeluarkan pengorbanan. Contohnya : makanan, pakaian, alat-alat sekolah, dan lain-lain.
2.      Barang bebas
Barang bebas artinya barang yang tersedia cukup banyak sehingga manusia untuk memperolehnya tidak perlu mengeluarkan pengorbanan. Misalnya : sinar matahari, udara.
Menurut cara penggunaannya

3.      Barang subtitusi/pengganti
Barang substitusi yaitu barang yang dapat digunkan untuk menggantikan barang lain dengan tujuan yang sama. Misalnya : minyak tanah diganti kayu bakar untuk memasak, gula jawa diganti gula pasir.

4.      Barang komplementer
Barang komplementer yaitu barang yang penggunaannya bersama-sama dengan barang lain. Misalnya : kapur dengan papan tulis, buku tulis dengan pulpen, sepeda motor dengan bensin.
Menurut tujuan pemakainnya

5.      Barang konsumsi
Barang konsumsi artinya barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh : nasi, makanan, pakaiann, sepatu, dan lain-lain.
6.      Barang modal
Barang modal yaitu barang yang digunakan untuk menghasilkan barang lain, contoh : kayu/papan digunakan untuk membuat meja, kain untuk membuat baju, dan lain-lain.
4.      Kegunaan (Utility) Benda
Macam-macam guna barang sebagai berikut :
  1. Guna waktu (time utility)
Barang digunakan apabila digunakan pada waktu yang tepat. Contoh : payung digunakan pada waktu hujan, obat digunakan pada waktu sakit dan lain-lain.
  1. Guna tempat (place utility)
Barang berguna bila ditempatkan pada tempat yang tepat. Misalnya : batu didaerah pegunungan atau hulu sungai, akan bermanfaat apabila dipindahkan tempat ke kota untuk bahan bangunan atau untuk perbaikan jalan.
  1. Guna bentuk (form utility)
Barang berguna apabila dirubah bentuknya sesuai dengan kebutuhan manusia, misalnya : kayu/papan diubah menjadi mejaa, kursi, dan sebagainya.
  1. Guna milik (ownership utility)
Barang berguna apabila barang tersebut sudah menjadi miliknya. Sepeda ditoko akan berguna apabila sudah dibeli dan dimiliki oleh seseorang.
  1. Guna unsur (elemen utility)
Barang akan lebih berguna didalamnya, misalnya : obat.
LAMPIRAN 4 :
SOAL :
  1. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang ! (Skor 2)
  2. Sebutkan jenis barang alat pemuas kebutuhan ! (Skor 3)
  3. Sebutkan macam –macam guna barang dan berikan contohnya ! (Skor 5)

JAWABAN :
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi :
Faktor intern :
a)      profesi atau pekerjaan
b)      jenis kelamin
c)      usia
d)     tingkat pendidikan
e)      perasaan tidak puas
Faktor ekster :
a)      keadaan alam
b)      agama/kepercayaan
c)      adat istiadat
d)     lingkungan tempat tinggal
e)      perkembangan zaman dan teknologi

2.      Jenis-jenis barang alat pemuas kebutuhan :

Menurut kelangkaannya

1.      Barang ekonomis
Barang ekonomis yaitu barang yang jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu mengeluarkan pengorbanan. Contohnya : makanan, pakaian, alat-alat sekolah, dan lain-lain.
2.      Barang bebas
Barang bebas artinya barang yang tersedia cukup banyak sehingga manusia untuk memperolehnya tidak perlu mengeluarkan pengorbanan. Misalnya : sinar matahari, udara.
Menurut cara penggunaannya

3.      Barang subtitusi/pengganti
Barang substitusi yaitu barang yang dapat digunkan untuk menggantikan barang lain dengan tujuan yang sama. Misalnya : minyak tanah diganti kayu bakar untuk memasak, gula jawa diganti gula pasir.


4.      Barang komplementer
Barang komplementer yaitu barang yang penggunaannya bersama-sama dengan barang lain. Misalnya : kapur dengan papan tulis, buku tulis dengan pulpen, sepeda motor dengan bensin.
Menurut tujuan pemakainnya

5.      Barang konsumsi
Barang konsumsi artinya barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh : nasi, makanan, pakaiann, sepatu, dan lain-lain.
6.      Barang modal
Barang modal yaitu barang yang digunakan untuk menghasilkan barang lain, contoh : kayu/papan digunakan untuk membuat meja, kain untuk membuat baju, dan lain-lain.

3.      Macam-macam guna barang :

1.      guna waktu (time utility) : barang berguna apabila digunakan pada waktu yang tepat. Misalnya : payung padawaktu hujan, obat digunakan pada waktu sakit.
2.      guna tempat (place utility) : barang berguna apabila ditempatkan pada tempat yang tepat. Misalnya : batu di pegunungan, akan berguna jika dipindahkan ke kota untuk bahan dasar bangunan.
3.      guna bentuk (form utility) : barang berguna apabila dirubah bentuknya sesuai dengan kebutuhan manusia. Misalnya : kayu atau papan diubah menjadi meja, kursi, dll.
4.      guna milik (ownership utility) : barang berguna apabila barang tersebut sudah menjadi miliknya. Misalnya : sepeda di toko apabila sudah dibeli dan menjadi milik seseorang.
5.      guna unsur (elemen utility) : barang akan lebih berguna didalamnya. Misalnya : obat.
CARA MENILAI :
NILAI = Jumlah Nilai Benar X 10

Komentar

  1. Golden Nugget Casino in Council Bluffs - MapyRO
    Casino at Golden Nugget Casino. MapyRO is a Native American Casino 안양 출장샵 in 안산 출장마사지 Council Bluffs, Missouri. 오산 출장샵 Find 충주 출장안마 reviews, hours, directions, phone numbers and 시흥 출장샵

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktek Kewirausahaan

Makalah Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini